Gambaran Umum RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo

Profil RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo

Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSUPN-CM) adalah rumah sakit kelas A yang juga berfungsi sebagai rumah sakit pendidikan. Berdasarkan S.K 134/Menkes/Sk/1978, tugas RSUPN-CM adalah memberikan pelayanan medik dengan mutu tinggi sesuai dengan perkembangan ilmu teknologi kedokteran. Nama Dr. Cipto Mangunkusumo yang melekat pada RSUPN-CM diambil dari nama seorang dokter Jawa yang lahir 4 Maret 1884 di Jepara, Jawa Tengah. Ia masuk STOVIA tahun 1899, dan tidak hanya aktif di kegiatan pendidikan, tetapi juga memperhatikan kondisi politik pada saat itu. Menjadi dokter telah memberinya suatu pandangan hidup bahwa ia ingin mengangkat derajat rakyat yang tertindas.

http://www.rscm.co.id


Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo
(RSUPN-CM) merupakan Unit Pelaksana Teknis di lingkungan
Departemen Kesehatan Republik Indonesia yang melaksanakan
pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan.RSUPN-CM mempunyai tugas menyelenggarakan pelayanan kesehatan paripurna secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan, serta pelaksanaan pelayanan lain di bidang pelayanan kesehatan yang bertujuan meningkatkan status
kesehatan dan senantiasa berorientasi kepada ke pentingan masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

http://www.rscm.co.id

Berdasarkan tugas RSUPN-CM sebagai rumah sakit pusat rujukan
medis tingkat nasional serta rumah sakit pendidikan, dengan
memperhatikan potensi yang tersedia serta berbagai masalah yang dihadapi.

Leave a comment